Ukraina Bergolak, Demonstran dan Polisi Bentrok

Ukraina (Satyelitraya)  - Pengunjuk rasa oposisi Ukraina mengakhiri pendudukan dua bulan dari balai kota di Kiev pada hari Minggu dan membuka jalan untuk lalu lintas terbatas , memenuhi tawaran amnesti bertujuan meredakan stand - off selama pemerintahan Presiden Viktor Yanukovich.

Seperti dilansir kantor berita Reuters, Pihak berwenang , untuk bagian mereka , menarik polisi anti huru hara dari distrik flashpoint ibukota , dekat stadion sepak bola Dynamo Kiev , di mana setidaknya tiga demonstran meninggal pada bulan Januari dalam kekerasan antara aktivis ultra- radikal dan polisi .

Rupanya menerima bahwa para pengunjuk rasa telah bertemu pihak berwenang setengah jalan , kata kantor kejaksaan dalam sebuah pernyataan bahwa amnesti akan mulai berlaku dari hari Senin .

Tuntutan pidana akan dijatuhkan terhadap orang pengunjuk rasa atas pelanggaran yang dilakukan antara 27 Desember dan 2 Februari , katanya - periode yang mencakup sepekan bentrokan di mana enam orang tewas dan ratusan polisi dan pengunjuk rasa terluka .

Meskipun bergerak mendamaikan, pemimpin oposisi berusaha untuk menjaga tekanan pada Yanukovich , mengatakan unjuk rasa di Kiev Independence Square bahwa ia harus meninggalkan " diktator " kekuasaan dan membiarkan mereka membentuk independen pemerintah kepadanya .

Pada hari Selasa , Yanukovich dapat hadir kandidatnya untuk perdana menteri ke parlemen - pilihan yang akan menunjukkan apakah ia siap untuk membuat konsesi lebih kepada pihak oposisi setelah 12 minggu sering jelek konfrontasi jalanan .

Para pemimpin oposisi membuat jelas pada hari Minggu mereka juga akan mendorong di parlemen untuk perubahan konstitusi untuk mengurangi kekuatan Yanukovich .

Kerusuhan itu dipicu oleh Yanukovich pada bulan November ketika ia menolak perjanjian perdagangan bebas yang panjang dalam pembuatan dengan Uni Eropa dan memilih untuk paket $ 15000000000 kredit Rusia dan gas yang lebih murah untuk menopang perekonomian yang sakit Ukraina .

Pemberontakan berputar ke protes di seluruh negeri pada kebatilan dirasakan dan korupsi di pemerintahan Yanukovich , dan telah memicu pergumulan geopolitik antara Timur dan Barat .

Seperti Rusia mengundang dengan paket bantuan , Amerika Serikat dan sekutu Baratnya telah mendesak Yanukovich untuk bergerak kembali menuju kesepakatan IMF yang didukung dengan Eropa .

Menggunakan tongkat pemukul Masked MEN

Sebagai aksi damai hari Minggu dilipat di Independence Square , menarik beberapa ribu , muda klub - menghunus pria bertopeng dari pinggiran radikal dari gerakan protes yang berpatroli , mencari agen pemerintah yang dikenal secara lokal sebagai " titushki " .

Sekelompok sekitar 40 laki-laki muda , mengenakan balaclava hitam dan membawa perisai yang mengumumkan mereka dari tanggal 14 " membela diri " unit, berbaris melalui kerumunan orang berkumpul di dekat stadion sepak bola Dynamo Kiev , sebuah garis depan dalam kerusuhan .

Semua sama , ketegangan di daerah tersebut mereda , dengan polisi anti huru hara meninggalkan jalan-jalan dan demonstran membuka bagian untuk lalu lintas terbatas untuk lulus barikade dan mencapai markas pemerintah dan parlemen .

Pemerintah Barat telah menyatakan kekhawatiran eskalasi konflik dan pelanggaran hukum dan ketertiban kecuali Yanukovich memenuhi tuntutan oposisi .

Pada hari Minggu , mantan menteri ekonomi Arseny Yatseniuk mengulangi panggilan untuk perubahan konstitusi yang akan strip Yanukovich kekuasaan ia telah mengumpulkan dan memungkinkan sebuah pemerintahan oposisi yang akan dibentuk untuk memimpin republik bekas - Soviet untuk pemulihan ekonomi .

Setelah pengunjuk rasa berangkat Balai Kota Kiev , yang mereka duduki sejak awal Desember , Yatseniuk mendesak otoritas peradilan Ukraina untuk hidup sampai janji amnesti mereka :

" Kami ingin sekitar 2.000 kasus pidana yang akan dijatuhkan . Jika hal ini tidak terjadi , kita akan memulai ofensif damai . "

Uni Eropa OSCE DAN DUKUNGAN

Demonstran telah menyapu ke bangunan kota utama tak lama setelah Yanukovich memutuskan untuk parit pakta perdagangan Uni Eropa .

Swiss, sekarang ketua OSCE pengawas hak asasi manusia , mengirim utusan ke Kiev untuk memantau City Hall evakuasi .

Di Brussels , kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton mengatakan dia berharap pemerintah sekarang untuk menutup semua kasus pengadilan yang tertunda , termasuk penangkapan rumah , " sehingga untuk memfasilitasi dialog politik di parlemen minggu ini " .

Pria bertopeng seragam militer dan para demonstran mereka telah dilindungi terhadap polisi anti huru hara sejak pertengahan Desember diajukan dari balai kota Kiev , tetapi mengancam akan kembali jika pemerintah tidak melaksanakan janji amnesti .

Deputi oposisi mengatakan pengunjuk rasa sama menarik diri dari bangunan kota di beberapa daerah barat Ukraina , sarang oposisi terhadap Yanukovich , dan di salah satu bagian tenggara di mana presiden telah ditahan lebih banyak dukungan .

Andriy , 45 , komandan sekitar 100 laki-laki dalam balaclava hitam meninggalkan Balai Kota , mengatakan bahwa mereka melakukannya pada pemahaman bahwa tuduhan terhadap aktivis ditahan akan dijatuhkan .

Sebuah keputusan penting dalam beberapa hari mendatang akan menjadi siapa nama Yanukovich sebagai kandidatnya untuk perdana menteri untuk menggantikan kelahiran Rusia Mykola Azarov , yang ia dipecat pada 28 Januari dalam upaya gagal untuk menenangkan para pengunjuk rasa .

Dia telah sampai akhir bulan untuk menemukan satu , meskipun Ketua Parlemen Volodymyr Rybak dikutip oleh Interfax mengatakan ia berpikir Yanukovich mungkin hadir kandidat untuk parlemen pada Selasa .

Dengan mata uang hryvnia bawah tekanan , ia harus menemukan pelayan baru ekonomi dengan cepat .

Pilihannya bisa mendorong pencairan lebih cepat dari paket bailout Rusia . Tapi jika dia menolak panggilan untuk perubahan dan nama garis keras yang konstitusional , jalan-jalan bisa kembali ke keributan .

Editor: Suherlan